13 pengelola kata sandi terbaik untuk Android

13 pengelola kata sandi terbaik untuk Android

Jika Anda sama sekali sadar akan keamanan, Anda harus menggunakan pengelola kata sandi. Baik Anda hanya memiliki lima akun online atau 500, penting untuk menggunakan kredensial yang unik dan sulit ditebak untuk setiap akun.

Jika Anda menggunakan kembali kata sandi, pelanggaran yang melibatkan salah satu akun Anda dapat membantu peretas mendapatkan akses ke seluruh kehidupan online Anda. Pengelola kata sandi memudahkan Anda melacak semua kredensial unik Anda, dan dalam prosesnya, membantu Anda tetap aman saat online. Ada banyak pilihan bagus untuk dipilih, dan di sini, kami telah menyusun daftar 13 pengelola kata sandi terbaik untuk Android.

Opsi gratis

Tetap aman saat online bukanlah masalah uang, itulah sebabnya kami memulai dengan opsi yang menawarkan dasar-dasar secara gratis. Semua layanan yang tercantum di sini menawarkan sinkronisasi di sebanyak mungkin perangkat yang Anda butuhkan dan memungkinkan Anda menyimpan kata sandi dalam jumlah tak terbatas. Banyak dari mereka juga memiliki tingkatan berbayar yang menghadirkan beberapa fitur tambahan, tetapi dasar-dasar yang paling penting adalah gratis.

Bitwarden

Bitwarden adalah pengelola kata sandi sumber terbuka yang semakin populer karena misi akun gratisnya yang dirancang dengan baik untuk membuat keamanan dapat diakses oleh semua orang. Anda dapat menyimpan kata sandi sebanyak yang Anda inginkan, dan menggunakan pengelola di sebanyak mungkin perangkat yang Anda miliki, gratis.

Aplikasi ini mendukung buka kunci biometrik, menggunakan API isi otomatis Android, dan dapat diamankan melalui 2FA. Anda juga dapat meng-host pengelola di server Anda sendiri jika Anda mau, opsi yang tidak tersedia di banyak produk pesaing. Pada tahun 2020, perusahaan keamanan pihak ketiga mengaudit Bitwarden, tetapi tidak dapat menemukan kerentanan yang dapat dieksploitasi.

Jika Anda bersedia membayar $10 per tahun untuk paket premium, Anda juga mendapatkan akses ke penyimpanan file terenkripsi sebesar 1GB untuk dokumen terpenting Anda, dukungan manajemen kode OTP, akses darurat, dan dukungan prioritas. Ada juga paket keluarga senilai $40/tahun untuk hingga enam orang jika Anda sering berbagi kata sandi.

MYKI

MYKI sedikit berbeda dari manajer lain yang disebutkan di sini. Itu tidak menyimpan kredensial Anda di cloud, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang pelanggaran server. Alih-alih, kata sandi Anda hanya disinkronkan di antara perangkat Anda, jadi penyerang harus mendapatkan akses ke salah satu mesin Anda untuk mencuri data login Anda.

Selain itu, MYKI berperilaku seperti pengelola kata sandi lainnya. Ini menggunakan layanan IsiOtomatis Android, mendukung pembukaan kunci biometrik, dan dapat menyimpan kode OTP, metode pembayaran, dan catatan aman, semuanya gratis untuk individu. Anda bahkan dapat berbagi kata sandi dengan orang lain. Untuk menyelam lebih dalam, lihat ulasan ekstensif kami.

Microsoft Authenticator

Microsoft Authenticator dimulai sebagai aplikasi 2FA, tetapi berubah menjadi pengelola kata sandi lengkap yang disinkronkan dengan Microsoft Edge atau ekstensi browser Chrome saat Anda masuk dengan akun Microsoft Anda.

Karena Microsoft peduli dengan pelanggan perusahaan, Anda dapat yakin bahwa itu mengambil setiap tindakan yang mungkin untuk mengamankan produk. Selain itu, aplikasi Android-nya menawarkan semua lonceng dan peluit yang biasa: Buka kunci biometrik, API pengisian otomatis Android, dan dukungan kode 2FA semuanya ada di dalamnya. Bahkan memungkinkan untuk login tanpa kata sandi ke akun Microsoft Anda.

Layanan ini benar-benar gratis dan tidak perlu berlangganan Microsoft 365 untuk menggunakannya. Anda dapat mengunduhnya dari Play Store.

Zoho Vault

Zoho sebagian besar dikenal sebagai suite kantor online berbasis web di dunia perusahaan, tetapi perusahaan juga menawarkan pengelola kata sandi. Ini dibuat terutama untuk bisnis yang ingin berbagi dan mengelola kata sandi antar karyawan, meskipun ada tingkat gratis untuk individu yang berfitur lengkap.

Anda dapat menyimpan kata sandi dan catatan dalam jumlah tak terbatas, mengakses brankas Anda dari beberapa perangkat, menyimpan kredensial 2FA, dan melampirkan file dan dokumen. Menjadi bisnis yang berfokus pada perusahaan, Zoho mengambil banyak tindakan untuk memastikan produknya aman dan pelanggan yang membayarnya senang, yang juga dimanfaatkan oleh individu dalam paket gratis.

Paket berbayar benar-benar hanya diperlukan untuk perusahaan dan keluarga. Anda membayar $1 per bulan per orang untuk berbagi kata sandi yang aman antara satu sama lain dan dengan pihak ketiga, kontrol admin, dan banyak lagi.

Google

Jika Anda tidak ingin repot mendaftar ke layanan lain, Anda harus benar-benar mempertimbangkan setidaknya menggunakan solusi yang sudah diinstal sebelumnya: layanan pengisian otomatis kata sandi Google sendiri. Dibandingkan dengan opsi lain di sini, solusi Google cukup kurang, dan mengelola kata sandi yang ada adalah mimpi buruk, tetapi sudah ada di ponsel Anda, terintegrasi secara asli ke Chrome, dan juga tersedia di iOS.

Untuk memulai di Android, buka pengaturan sistem Anda, cari “layanan isi otomatis”, dan pilih Google. Kemudian ketuk ikon roda gigi di sebelahnya untuk melihat kata sandi, alamat, dan metode pembayaran Anda. Anda juga dapat mengelola kredensial yang disimpan di passwords.google.com (dalam semangat keamanan, kami tidak menautkannya di sini, tetapi Anda dapat mengetik alamat secara manual di mana pun Anda masuk ke Google) atau di pengaturan akun Google Anda .

KeePass adalah alat open-source lainnya, tetapi tidak seperti Bitwarden, ini lokal dan sepenuhnya bebas dari pelacak (meskipun Anda dapat mencadangkan database Anda ke penyimpanan cloud pilihan Anda jika Anda mau).

Menyiapkan pengelola di beberapa perangkat sedikit rumit, dan ada beberapa aplikasi Android untuk dipilih (KeePassDX sepertinya salah satu solusi yang lebih baik, meskipun Anda dapat memilih yang Anda suka dari situs web KeePass), tetapi begitu Anda menemukan jalan Anda di sekitar pengelola, itu harus menjadi salah satu layanan paling aman yang dapat Anda pilih.

Jika Anda memerlukan solusi lintas platform untuk komputer desktop, Anda juga dapat melihat KeePassXC, sebuah spin-off dari layanan asli yang juga kompatibel dengan aplikasi KeePass untuk Android.

Opsi berbayar

Meskipun tidak perlu membayar uang untuk pengelola kata sandi yang baik, ada beberapa produk di luar sana yang meningkatkan beberapa aspek yang ditawarkan solusi gratis. Keuntungannya termasuk penyimpanan dokumen terenkripsi, dukungan email satu-satu, opsi berbagi keluarga tingkat lanjut, dan peringatan pelanggaran. Berikut adalah beberapa solusi hebat:

1Password

1Password menawarkan hampir semua yang Anda inginkan dari pengelola kata sandi: ini dapat menghasilkan dan menyimpan kata sandi dan menyimpan informasi kartu kredit, dan berfungsi dengan baik dengan API IsiOtomatis Android, sehingga dapat mengisi informasi itu di ponsel Anda tanpa gesekan. Ini memiliki add-on browser untuk Chrome, Firefox, Safari, dan Edge, jadi ini juga berfungsi di desktop Anda.

Anda bahkan dapat menggunakannya untuk menyimpan dokumen sensitif jika Anda tidak mempercayai Google Drive dengan pengembalian pajak Anda (atau apa pun). Perusahaan juga menawarkan dukungan satu-satu, otentikasi 2FA, dan mode perjalanan yang menghapus data sensitif dari perangkat Anda saat Anda melintasi batas.

Paket adalah $36 setahun untuk pengguna individu atau $60 setahun untuk keluarga hingga lima orang. Anda dapat mencobanya secara gratis selama 14 hari.

SafeInCloud

Langganan bukan untuk semua orang. Beberapa dari kita suka membayar sekali untuk sebuah aplikasi tanpa pamrih. Itulah tepatnya yang ditawarkan SafeInCloud. Tidak perlu berlangganan. Anda dapat membeli akses seumur hidup individu seharga $3,99, atau mendapatkan paket keluarga seharga $7,99.

Pembelian ini tidak bergantung pada platform antara Android dan iOS, tetapi aplikasi desktop gratis di macOS dan Windows. Itu berarti Anda dapat menggunakan aplikasi di perangkat Android dan perangkat desktop Anda tanpa menghabiskan lebih banyak uang.

Ini adalah kumpulan fitur yang akan membuat atau menghancurkan pengelola kata sandi, dan untungnya SafeInCloud menawarkan banyak fitur. Otentikasi biometrik didukung, bersama dengan dukungan pengisian otomatis di seluruh browser Chrome, Firefox, Edge, Opera, dan Yandex.

Aplikasi desktop gratis, sinkronisasi cloud dengan semua loker file utama berfungsi di luar kotak, dan Anda bahkan dapat menyinkronkan ke NAS Anda sendiri. Ada pembuat kata sandi bawaan, dan semuanya menggunakan enkripsi 256-bit. Heck, bahkan ada aplikasi Wear OS. Sejauh menyangkut aplikasi bayar sekali dan mainkan, SafeInCloud adalah pilihan utama.

Dashlane

Dashlane menawarkan opsi gratis untuk satu perangkat, meskipun hanya menyimpan hingga 50 kata sandi. Untuk mendapatkan penyimpanan kata sandi tanpa batas, Anda harus membayar $40 setahun untuk paket Premium Dashlane.

Biaya yang lebih tinggi memang datang dengan lebih banyak fitur daripada manajer lain dalam daftar ini, termasuk VPN dan apa yang disebut perusahaan “Pemantauan Web Gelap,” yang seharusnya memberi tahu Anda jika informasi Anda muncul di tempat yang tidak menyenangkan secara online.

Enpass

Enpass melakukan hal-hal yang sedikit berbeda dari pengelola kata sandi berbayar lainnya dalam daftar ini. Anda dapat menyimpan hingga 10 kredensial di ponsel Anda secara gratis; jika Anda ingin lebih dari itu, Anda harus berlangganan.

Secara default, kata sandi disimpan secara lokal di perangkat Anda, tetapi Enpass memberi Anda opsi untuk menyinkronkannya ke layanan penyimpanan cloud pilihan Anda. Jika tidak, Enpass berfungsi sama seperti yang lain: ia dapat membuat kata sandi aman untuk Anda, menyimpannya, dan mengisinya secara otomatis di desktop dan seluler.

Enpass beralih ke metode monetisasi berbasis langganan pada tahun 2019, mengecualikan pengguna yang membayar biaya satu kali sebelumnya. Sekarang biayanya $24 per tahun untuk individu dan $48 untuk keluarga atau kelompok hingga enam orang. Sebagai alternatif, Anda bisa mendapatkan lisensi seumur hidup seharga $80. Enpass juga merupakan bagian dari Google Play Pass, yang mencakup lebih banyak game dan aplikasi dengan harga $5 per bulan atau $30 per tahun, yang mungkin mempermanis kesepakatan untuk Anda.

RoboForm

Ini mungkin bukan pengelola kata sandi yang paling terkenal, tetapi RoboForm telah ada selama beberapa waktu, dan RoboForm mudah bersaing dengan set fitur tangguh yang telah dibangun perusahaan selama bertahun-tahun. Anda dapat menggunakan aplikasi lintas platform di ponsel dan PC, dan ada juga ekstensi browser untuk PC jika aplikasi bukan milik Anda.

RoboForm tersedia secara gratis dengan serangkaian fitur terbatas seperti login tak terbatas dan pengisian web, tetapi jika Anda ingin menyinkronkan kata sandi Anda di seluruh perangkat atau mengaktifkan otentikasi dua faktor, kami sarankan untuk berlangganan.

Namun, kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak secara gratis adalah sentuhan yang bagus, dan bahkan jika Anda berpikir untuk membayar, Anda mendapatkan uji coba 30 hari setelah melakukannya.

Meskipun RoboForm tidak mudah adalah mencari tahu berapa biayanya, tetapi untuk itulah kami di sini. Ada uji coba gratis 30 hari untuk paket Everywhere yang penuh fitur, yang menghasilkan $23,88 setiap tahun. Paket keluarga juga tersedia seharga $47,75 jika Anda berencana untuk berbagi akun. Ada juga rencana bisnis jika Anda ingin membuat perusahaan Anda menggunakan pengelola kata sandi tunggal.

Keeper

Keeper menawarkan manfaat yang sangat mirip dengan 1Password dan Dashlane. Ini kompatibel dengan API IsiOtomatis, menghasilkan kata sandi, menyimpannya (ditambah info lainnya), menawarkan akses darurat, memiliki riwayat versi, ada penyimpanan file, “BreachWatch,” kesembilannya.

Harganya juga sedikit lebih rendah, yaitu $35 per tahun untuk individu (walaupun lebih mahal $75 untuk paket keluarga yang cukup mirip). Ada juga paket yang lebih mahal dengan messenger yang aman dan penyimpanan cloud yang disertakan, tetapi mengapa tidak menggunakan Signal saja?

Anda dapat menggunakan Keeper secara gratis di satu perangkat, tetapi jika Anda ingin kata sandi Anda disinkronkan di mana pun Anda menggunakannya, Anda harus membayar biaya keanggotaan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.