Kue Pao Pisang Karakter Lucu: Resep dan Cara Mudah Membuat

LEZZAT.ID – Kue Pao merupakan kudapan hangat yang sering sekali kita temui di sore hari dijajakan secara keliling atau di pinggir jalan. Pao sendiri merupakan makanan yang terpengaruh dari khazanah kuliner Asia di mana berbagai negara di Asia Timur memiliki kudapan ala bakpao sesuai dengan kultur kuliner mereka masing-masing.

Kata Pao sendiri merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Cina. Pao artinya bungkusan.

Pao memang bisa dikategorikan sebagai semacam roti. Pao terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi agar mengembang, kemudian diberi isian pada bagian tengahnya. Bakpao sekarang tidak lagi berisi daging saja. Namun bisa berisi coklat, strawberry, kacang tanah, kacang hijau, dan banyak macamnya. Karena tertutup, maka untuk membedakan adonannya, bagian atas Pao diberi tanda yakni titikan warna.

Namun kali ini, Lezzat.id akan menampilkan resep Kue Pao yang berbeda dari biasanya, selain tidak mengggunakan daging sebagai isiannya, Kue Pao ini juga memiliki karakter yang unik, bahkan kelihatan lucu namun tentu memiliki cita rasa yang enak.

Yuk, simak resep dan cara buatnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gr tepung kotobuki (bisa pakai 350gr tepung pro rendah + 150gr tepung tangmien).
  • 100 gr gula halus putih.
  • 230 cc air es/air dingin.
  • 20 gr susu bubuk.
  • 65 gr mentega putih.
  • 4 gr ragi instan.
  • 1/2 sdt garam.

Cara Membuat:

1 Campur semua bahan menjadi satu kecuali air dingin dan mentega, lalu aduk rata.

2 Tuang air dingin sedikit demi sedikit sambil di mixer terus sampai dirasa cukup. mixer sampai tercampur rata.

3 masukkan mentega putih, mixer lagi sampai kalis lalu angkat adonan dan langsung dipotong, timbang dan bentuk sesuai selera.

4 bulatkan adonanberi isian dan bentuk pao sesuai selera. diamkan lagi kira-kira 10-15 menitan.

5 (Tips) jangan menunggu semua pao selesai dibentuk baru dikukus. kukus sebagian pao yang pertama sudah dibentuk duluan (setelah proofing 10 menitan) lalu kukus sekitar 12-15 menit/sampai matang. (tutup kukusan harus dibungkus kain serbet supaya air kukusan tidak menetes).

Sumber: Instagram @linagui.kitchen.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.