Begini Cara Memesan dan Menukarkan Uang Kertas Baru Emisi 2022 Spesial HUT RI Ke-77 Secara Online

LEZZAT.ID – Tepat pada Kamis, 18 Agustus 2022 Bank Indonesia (BI) secara resmi merilis 7 pecahan uang uang kertas baru emisi 2022. Terdapat 7 uang baru sah dan resmi berlaku, diterbitkan, dan akan gunakan di Indonesia bertepatan pada HUT RI ke-77.

Perlu diketahui bahwa uang baru emisi 2022 terdiri dari uang kertas pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Meskipun baru diluncur oleh Bank BI, tapi uang kertas emisi 2022 masih tetap memakai gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan seperti uang kertas sebelumnya. Dan uang baru ini disebut dengan Uang Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022).

Dari segi tampilan uang baru emisi 2022 masih mengangkat kebudayaan Indonesia, berikut gambar tarian, pemandangan alam nusantara, dan flora pada bagian belakang juga tetap melekat sebagaimana Uang TE yang telah lebih dulu terbit tahun 2016.

Begini Cara Mudah Dapatkan Uang Baru Secara Online

Erwin Haryono selalu Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, mengatakan bahwa untuk bisa mendapatkan uang baru emisi 2022 caranya sangat mudah. Masyarakat bisa melakukan penukaran di kas keliling yang telah ada di beberapa kota besar di Indonesia.

“Masyarakat bisa melakukan penukaran Uang TE 2022 (uang kertas emisi 2022) melalui perbankan atau kas keliling yang telah disediakan Bank Indonesia,” Ungkap Erwin dikutip dari siaran pers BI, Kamis (18/8/2022).

Dan proses pemesanan penukaran uang baru di kas keliling bisa dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang bisa diakses semua orang melalui laman resmi https://pintar.bi.go.id.

Lanjut Erwin, dimana aplikasi penukaran uang baru tersebut sudah bisa diakses oleh semua masyarakat tepat tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai tanggal 19 Agustus 2022.

Saat melakukan proses penukaran uang baru emisi 2022 dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah disudah ditetapkan Pemerintah.

Informasi tambahan, bahwa Aplikasi PINTAR merupakan salah satu aplikasi layanan yang dibuat oleh BI agar mudahkan masyarakat hendak melakukan pemesanan penukaran uang rupiah yang rusak atau cacat, dan juga untuk memesan uang edisi khusus seperti halnya uang baru peringatan kemerdekaan HUT RI ke-77 ini.

Bukan tanpa alasan, yang mana Aplikasi PINTAR dibuat bertujuan untuk mempermudah masyarakat, dalam melakukan layanan uang di BI, seperti tukar uang baru.

Banyaknya uang rupiah yang akan didapatkan masyarakat melalui kas keliling telah ditetapkan sesuai aturan BI. Terdapat batas kuota layanan penukaran uang rupiah melalui kas keliling Bank Indonesia.

Namun ingat, PINTAR ini bukanlah aplikasi yang dapat kalian temukan Play Store dan App Store ataupun sejenisnya, karena aplikasi ini masih berbentuk website yang bisa diakses melalui laman resmi https://pintar.bi.go.id/.

Walaupun proses pemesanannya dilakukan secara online, untuk pemesanan uang baru atau uang kertas emisi 2022, masyarakat tetap harus melakukan penukarkan secara langsung di lokasi yang sudah dipilih. 

Mekanisme mendapatkan uang baru emisi 2022 di laman PINTAR:

• Silakan akses laman resmi PINTAR melalui https://pintar.bi.go.id/

• Kemudian pilih “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling”

• Pilih provinsi sesuai domisili tempat Anda berada sekarang

• Setelah itu pilih provinsi, klik “Lihat Lokasi”

• Nanti sistem dari aplikasi akan menampilkan beberapa opsi lokasi kasi keliling yang terdekat, pilih salah satunya dengan klik tombol “Pilih” berwarna hijau

• Anda tidak bisa melakukan penukaran, apabila kuota pemesanan sudah penuh.

• Bila kuota masih tersedia, maka Anda mulai mengisi kolom identitas seperti nama lengkap, nomor KTP, nomor telepon, dan email.

• Setelah itu klik “Lanjutkan”

Nanti Anda akan memperoleh catatan sebagai bukti pemesanan yang nanti bisa Anda perlihatkan kas keliling. Untuk bukti pemesanan bisa Anda cetak atau cukup dengan menyimpannya di handphone untuk ditunjukan kepada petugas kas keliling BI. Bukti pemesanan ini berupa informasi waktu dan tempat penukaran uang baru emisi 2022.

Saat Anda pergi ke kas keliling, bawalah uang lama luang lama sesuai dengan jumlah nominal uang baru yang akan ditukarkan. Dalam proses penukaran uang kertas emisi 2022 tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Berikut ini penampakan uang kertas emisi 2022 terbaru dan nama pahlawan

1. Uang kertas baru pecahan Rp100.000 gambar Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta

2. Uang Kertas baru pecahan Rp50.000 gambar Ir. H. Djuanda sebagai gambar utama di bagian

3. Uang Kertas baru pecahan Rp20.000 gambar Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar utama di bagian depan

4. Uang Kertas baru pecahan Rp10.000 gambar Frans Kaisiepo sebagai gambar utama di bagian depan

5. Uang Kertas baru pecahan Rp5.000 gambar Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama di bagian depan

6. Uang Kertas baru pecahan Rp2.000 gambar Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama di bagian depan

7. Uang Kertas baru pecahan Rp1.000 gambar Tjut Meutia sebagai gambar utama di bagian depan

Demikianlah informasi singkat tentang cara dapatkan uang baru alias uang kertas emisi 2022. Semoga bermanfaat. ***