Buruan Siapkan Syarat dan Dokumen Ini, Berikut Cara Mudah Pengajuan KUR BRI Cair Hingga Rp50 Juta

Lezzat.id – Artikel kali ini akan membahas secara lengkap tentang cara mudah pengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI untuk UMKM dengan limit pinjaman yang diberikan mencapai Rp50 juta.

Sangat mudah sekali pengajuan pinjaman untuk modal usaha hingga Rp50 juta dapat dilakukan oleh UMKM melalui program KUR BRI dengan syarat ringan.

Perlu diketahui bahwa persyaratan utama agar bisa mengajukan pinjaman modal usaha Rp50 juta di KUR BRI, salah satunya adalah kalian harus memiliki 2 dokumen penting yakni KTP dan KK.

Bagi pelaku UMKM yang mempunyai rencana untuk mengajukan KUR BRI secara online dapat mengakses situs kur.bri.co.id melalui handphone atau laptop.

Untuk pilihan jangka waktu pengembalian sangatlah fleksibel di mulai dari 12, 18 hingga 24 bulan.

Bunga yang akan diberikan sangatlah ringan yakni sebesar 6% seperti dikutip Lezzat.id dari kur.bri.co.id.

Dilansir dari Antara, pada tanggal 17 Februari 2022, Bank BRI sudah menyalurkan KUR sektor produksi sebesar 56,16 persen.

Dan sektor perdagangan sebesar Rp85,4 triliun, sektor pertanian Rp61,1 triliun, dan sektor industri pengolahan Rp19,5 triliun.

Budi Harto selaku Wakil Direktur Utama BRI Catur , BRI akan berfokus pada segmen mikro ke depannya.

“Ke depan, BRI terus berfokus pada segmen mikro sebagai core utama pertumbuhan pinjaman KUR, dengan menyalurkan kredit ke sektor produktif, upaya tersebut diharapkan dapat memperkuat pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Catur.

Untuk pelaku UMKM yang memiliki niat untuk mengajukan KUR BRI tahun 2022, simak persyaratannya dibawah ini:

1. Individu (perorangan)

2. Mempunyai usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan

3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)

4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit

5. Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK),  dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Berikut ini cara mudah mengajukan KUR Mikro di Bank BRI adalah sebagai berikut ini:

1. Akses website kur.bri.co.id

2. Setelah itu pilih “Ajukan Pinjaman”

3. Pilih “login” menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi apabila sudah memiliki akun. Jika belum memiliki akun, para calon nasabah bisa memilih “Daftar”

4. Calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman diharapkan terlebih dahulu membaca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik “Setuju”

5. Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online seperti tentang profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan.

Dari pihak BRI selaku pihak pemberi pinjaman juga memberikan disclaimer kepada para pendaftar agar memperhatikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut:

1. Semua data dan juga informasi yang diberikan dalam pengajuan sesuai keadaan yang sebenar-benarnya.

2. Para pendaftar juga menyetujui bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk, selanjutnya disebut Bank, berwenang untuk;

3. Memeriksa kebenaran data yang pendaftar sampaikan dalam pengajuan ini.

4. Mencari dan memperoleh keterangan dan referensi dari sumber manapun dengan cara yang dianggap sah oleh Bank.

5. Menyetujui atau menolak pengajuan seluruh dokumen yang telah pendaftar berikan kepada Bank.

6. Tidak mengembalikan seluruh dokumen yang telah pendaftar serahkan kepada bank.

7. Memberikan secara terbatas dan/atau tidak terbatas data yang telah pendaftar sampaikan dalam pengajuan ini kepada pihak ketiga dalam rangka kepentingan pemrosesan pengajuan pinjaman.

8. Pendaftar memahami bahwa sehubungan dengan pengajuan KUR ini BRI dapat bekerja sama dengan penyedia teknologi marketplace untuk melakukan verifikasi atas kebenaran data dan/atau dalam rangka proses verifikasi pinjaman yang diperlukan.

9. Pendaftar menyetujui pihak penyedia teknologi marketplace untuk memberikan data profil transaksi dan toko online pendaftar kepada BRI dalam rangka proses pengajuan pinjaman pendaftar.

10. Pendaftar memahami dan mengerti bahwa Bank tidak berkewajiban untuk memberikan fasilitas kredit kepada pendaftar hingga pendaftar memenuhi semua persyaratan yang berlaku pada Bank dan telah menandatangani dokumen yang diperlukan Bank dalam pemberian kredit.

11. Apabila ternyata data dan informasi, serta pernyataan yang pendaftar berikan/buat tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, maka segala resiko dan konsekuensi yang diakibatkannya menjadi sepenuhnya tanggung jawab pendaftar.

Dimana pinjaman modal usaha hingga Rp50 juta dari KUR BRI bertujuan membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya.

Modal usaha sebesar Rp50 juta dari KUR BRI bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani.

Demikianlah informasi tentang cara dan syarat pengajuan pinjaman modal usaha dari KUR BRI tahun 2022, para pelaku UMKM juga bisa datang atau menghubungi nomor telepon Bank BRI terdekat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.