Cara Menulis Surat Pribadi yang Sempurna

Cara Menulis Surat Pribadi Yang Sempurna

Klise untuk mengatakan bahwa menulis surat adalah “seni yang hilang”, tetapi coba pikirkan kapan terakhir kali Anda duduk dan menulis surat pribadi. Tidak ada hubungannya dengan bisnis atau jaringan surat nyata kepada orang lain dalam hidup Anda untuk tujuan mengkomunikasikan informasi, pesan, dan check-in. Bagi kebanyakan dari kita, ini sudah cukup lama.

Jika Anda telah memutuskan bahwa bentangan musim dingin yang panjang ini adalah waktu yang ideal untuk meletakkan pena di atas kertas dan mengejar korespondensi Anda, Anda mungkin bertanya-tanya harus mulai dari mana, atau bahkan apa yang harus dikatakan. Berikut beberapa saran ahli untuk membuat Anda berada di jalur yang benar.

Format surat pribadi

Pertama, Anda harus memutuskan bagaimana Anda akan menulis surat: Dengan tangan, atau secara elektronik (mengetik atau menggunakan dikte suara). Ada juga mesin tik, tetapi kami akan melewatkannya hari ini.

Media sepenuhnya terserah Anda; ketahuilah bahwa menulis surat (atau apa pun) dengan tangan jauh lebih sulit daripada yang Anda ingat. Tidak hanya tidak ada cara untuk menghapus apa yang telah Anda tulis (selain Wite-Out, mencoret bagian, atau hanya menghapus semuanya), tetapi Anda tidak memiliki cara untuk mengedit atau memindahkan teks tanpa membingungkan atau menjadi tidak terbaca.

Sejauh strukturnya, Emily Post Institute memiliki pos bermanfaat yang memecah tiga bagian dasar surat pribadi: pembukaan (alamat dan tanggal), isi, dan akhir surat. Tetapi sekali lagi, terserah Anda untuk memutuskan seberapa formal Anda ingin membuat surat Anda.

Cara menulis badan surat pribadi

Setelah Anda menulis salam (yaitu “Orang yang Terhormat” atau apa pun yang Anda pilih untuk memulai), inilah saatnya untuk menangani bagian yang sulit: Tubuh. Menurut Emily Post Institute, badan surat pribadi adalah tempat untuk “berbagi berita dan informasi, mencampuradukkan berita baik dengan berita buruk, menanggapi pertanyaan yang diajukan atau berita yang dibagikan dalam surat sebelumnya, dan menanyakan tentang penerimanya.”

Berbicara kepada NPR pada Agustus 2021, Courtney Taylor, seorang penulis senior di Hallmark Cards, membagikan beberapa tip untuk menulis isi surat pribadi, termasuk tiga ini:

Jadilah rentan dan ingin tahu

Pimpin dengan kerentanan dan rasa ingin tahu. Secara khusus, Taylor mengatakan Anda harus berkomitmen pada cerita yang Anda ceritakan kepada seseorang dengan tidak hanya memberi mereka fakta dari peristiwa atau situasi tertentu dalam hidup Anda, tetapi juga memberi pembaca beberapa wawasan tentang bagaimana perasaan mereka terhadap Anda. Kemudian, ajukan pertanyaan terbuka kepada orang tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman mereka sendiri, dan mengungkapkan minat dalam hidup mereka.

Sertakan ‘spesifikasi universal’

Menurut Taylor, memasukkan “kekhususan universal” dalam surat pribadi berarti menulis tentang skenario yang dapat dikaitkan dengan kebanyakan orang, tetapi memberikan detail spesifik tentang pengalaman Anda sendiri. Misalnya, jika Anda baru-baru ini bepergian ke suatu tempat dan mengalami masalah dan gangguan di jalan, Anda dapat menjelaskan apa yang terjadi pada Anda, mengetahui bahwa mereka mungkin pernah mengalami hal serupa.

Jadilah otentik

Saat menulis surat lamaran atau jenis komunikasi lain yang berhubungan dengan pekerjaan, masuk akal untuk menampilkan versi terbaik dari diri Anda. Tetapi Taylor mengatakan bahwa menulis surat pribadi adalah kesempatan untuk menunjukkan lebih banyak tentang diri Anda (secara kiasan).

“Bahkan jika itu profesional, saya akan mengatakan Anda masih ingin jujur ​​pada diri sendiri dan semua yang Anda tulis, tidak peduli apa bentuknya, dan tidak peduli siapa audiensnya, jika tujuannya adalah agar mereka mengenal siapa Anda,” katanya kepada NPR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.