Detox Rahim: Racikan Herbal Untuk Mengatasi Perih Saat Menstruasi

621

LEZZAT.ID – Sebagaimana dikutip dari alodokter.com, nyeri saat haid atau dalam ilmu kedokteran diistilahkan dengan dismenore ditandai dengan terasa kram di bagian bawah perut. Kondisi demikian sebenarnya normal terjadi setiap bulan dan tidak perlu menjadi sesuatu yang dikhawatirkan secara berlebihan, karena hal tersebut merupakan proses yang terjadi secara alami di rahim wanita. Seiring bertambahnya usia, dismenore juga akan menghilang secara bertahap.

Namun demikian, walaupun umumnya dismenore pada sebagian wanita bersifat ringan dan tidak menganggu aktivitas, namun tak jarang dismenore dapat namun pada sebagian wanita lain, dismenore bisa berlebihan dengan ditandai rasa nyeri yang tak tertahankan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah seperti yang perlu dikhawatirkan.

Oleh itu, bila nyeri terjadi secara berlebihan selama 3 siklus menstruasi secara berurutan, keluar gumpalan darah atau nyeri saat haid terasa tidak tertahankan, maka perlu waspada. Sebab gejala tersebut dapat menjadi pertanda penyakit serius pada organ reproduksi, seperti radang panggul dan endometriosis.

Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid atau dismenore bisa diatasi secara mandiri dengan mengompres perut menggunakan kompres hangat, mandi air hangat, atau mengonsumsi obat pereda nyeri haid. Namun selain itu, nyeri haid dapat diatasi dengan racikan herbal. Racikan herbal lebih banyak disarankan karena selain minim efek samping, bahannya mudah didapat dan cara meraciknya pun sederhana dengan demikian lebih aman dan lebih ekonomis pastinya.

Nah, kali ini LEZZAT.ID akan menampilkan resep dan racikan herbal minuman detox rahim yang Insya Allah dapat mengatasi nyeri haid atau dismenore.

Bahan-bahan:

  • 250 ml air jahe.
  • 3-4 cm kayu manis.
  • 1 sendok teh kapulaga (kira-kira 5-7 biji).
  • 1 biji cengkeh.
  • 1 sendok teh ketumbar.
  • Madu secukupnya.

Caranya Meracik:

1 Rebus air dan jahe sampai hangat atau mendidih kurang lebih sekitar 2 menit saja.

Laman: 1 2

You might also like
close