Khusus Perempuan! Berikut Syarat Cara Daftar PNM Mekaar 2022 Tanpa Jaminan, Dapatkan Pinjaman Modal Usaha hingga Rp25 Juta

Lezzat.id – Update terbaru tentang syarat dan cara daftar PNM Mekaar 2022 untuk perempuan limit hingga Rp25 juta tanpa jaminan untuk modal usaha.

Pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan informasi terbaru tentang PNM Mekaar 2022 update terbaru syarat tanpa jaminan, bermodalkan KTP dan buat kelompok untuk perempuan hingga ibu rumah tangga untuk daftar pengajuan.

Bukan hanya memberikan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dan syarat yang ringan, namun para nasabah PNM Mekaar nantinya jika lolos akan dapatkan juga pelatihan atau bimbingan tentang wirausaha yang tentu bisa sangat berguna untuk kembangkan usaha.

Baca Juga: Cara Praktis Pengajuan Pinjaman KUR BNI 2022 Cair Hingga Rp10 Juta Tanpa Agunan Tambahan, Lengkapi 7 Syarat Ini

Permodalan Nasional Madani atau disingkat PT. PNM menghadirkan program PNM Mekaar merupakan salah satu program pinjaman tanpa jaminan khusus yang hanya dikhususkan untuk perempuan prasejahtera dengan besaran pinjaman yang akan diberikan mulai Rp2 juta hingga Rp25 juta.

PT. PNM sendiri merupakan salah satu lembaga pembiayaan non-bank yang memiliki tugas dari pemerintah untuk membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah melalui program PNM Mekaar.

Saat ini PT. PNM berkerjasama dengan bank BRI dan Pegadaian menjadi Ultra Holding Mikro atau layanan terpadu.

Baca Juga: Bisa Dari Rumah! Berikut Cara Praktis Daftar KUR BNI 2022 hingga Rp50 Juta Tanpa Agunan Tambahan, Simak Syaratnya

Dengan kata lain, semua pelayanan keuangan dapat dengan mudah dilakukan dengan cara yang lebih beragam dan bisa membantu usaha nasabah PNM Mekaar agar lebih berkembang.

Dengan menerapkan sistem kelompok tanggung renteng, maka PNM Mekaar Awal akan memberikan limit pinjaman awal sebesar Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Ada juga PNM Mekaar Plus dimana limit pinjaman awal mencapai Rp15 juta.

Baca Juga: Buruan Siapkan 5 Syarat Penting Ini Agar Pengajuan KUR BSI 2022 Langsung Cair Rp500 Juta Tanpa Bunga Sepeserpun

Para anggota nasabah PNM Mekaar tiap minggunya wajib hadir di PKM (Pertemuan Kelompok Mingguan) agar mengetahui perkembangan dan membayar angsuran.

Apabila angsuran para anggota nasabah PNM Mekaar lancar dan adanya perkembangan dengan usaha yang dijalani, pihak PNM akan menambah limit pinjaman.

Maka.nasabah PNM Mekaar akan mendapatkan limit pinjaman hingga Rp5 juta dan PNM Mekaar Plus dengan limit hingga Rp25 juta.

Persyaratan utama yakni, KTP dan membuat kelompok perempuan, dibawah ini merupakan ketentuan lain yang perlu diperhatikan terkait PNM Mekaar 2022.

1. Modal yang akan diberikan merupakan modal untuk usaha

2. Perempuan/ibu rumah tangga berusia 18-63 tahun

3. Memiliki KK dan KTP sesuai wilayah tempat tinggal

4. Mendapat persetujuan dari suami atau wali

5. Membuat kelompok terdiri dari 10 orang

6. Para Nasabah wajib hadir tepat waktu pertemuan kelompok yang diadakan seminggu sekali

7. Rajin dan tidak menunggak saat bayar angsuran sesuai kewajiban dan waktu yang telah disepakati

8. Terapkan sistem kelompok tanggung renteng, bertanggung jawab bersama jika ada anggota nasabah yang tidak memenuhi kewajiban

Dimana proses angsuran PNM Mekaar terbilang sangat ringan mulai dari dibayarkan 25 minggu atau 50 minggu jangka waktu angsuran

“PNM tidak hanya memberikan permodalan tetapi juga memberikan pendampingan, karena dalam pemberdayaan kami melakukan kolaborasi dengan seluruh pihak, bisa dari pemkot, pemerintah pusat, praktisi, lembaga riset yang punya kepentingan sama dengan PNM yakni pemberdayaan UMKM,” ujar Sunar Basuki selaku Direktur Kelembagaan PNM.

Adanya pemberdayaan yang dilakukan salah satunya yakni pelatihan atau bimbingan kewirausahaan sebagai latihan membentuk mental untuk berusaha.

“Yang namanya mental berusaha harus dibangun dari awal, karena kalau tidak kasihan pelaku usaha,” katanya.

“Gagal sekali langsung down, langsung gagal, padahal pebisnis jatuh bangun itu biasa. Motivasi usaha juga harus diberikan, karena kalau saat jatuh harus diberikan semangat,” tambahnya.

“Selain itu juga penerapan teknologi tepat guna, pemasaran offline maupun online. Ini penting agar nasabah kami bisa tetap berusaha di masa pandemi,” kata Sunar Basuki Direktur Kelembagaan PNM.

Bukan hanya memberikan pelatihan, pihak PT. PNM juga akan suka rela membantu para nasabah dalam kelengkapan dokumen perizinan, PIRT, sertifikasi halal, hingga proses dalam pembuatan NPWP.

Hal demikian adalah salah satu bentuk dampingan pada nasabah yang terdaftar PNM Mekaar.

“Kami juga ada klasterisasi, semua usaha sejenis kami kumpulkan terus kami undang ahli di usaha tersebut. Selain itu ada ekosistem tentang kampung madani, bukan hanya pelatihan pemberdayaan tetapi CSR juga masuk di situ,” ujarnya.

PT. PNM sendiri menjunjung tinggi tujuan utama yakni memberdayakan perempuan Indonesia agar bisa lebih mandiri dan dapat membuat usaha dengan keterampilan atau keahlian yang dimiliki akan semakin berkembang.

Demikian informasi terbaru tentang Syarat Cara Daftar PNM Mekaar 2022 Tanpa Jaminan, Dapatkan Pinjaman Modal Usaha hingga Rp25 Juta.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.