Kreasi Resep Ikan Tongkol Goreng Bumbu Kuning

15

LEZZAT.ID – Ikan tongkol merupakan ikan yang cukup mudah dijumpai. Ikan jenis yang satu ini banyak di jual mulai dari pasar hingga toko-toko supermarket. Selain rasanya yang enak, ia juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh.

Salah satu cara untuk mengolah ikan tongkol yang cukup enak dan praktis adalah goreng bumbu kuning. Resep memasak ikan tongkol goreng bumbu kuning cukup praktis. Rasanya pun cukup enak.

Bumbu kuning pada masakan ini berasal dari potongan kunyit yang dihaluskan dan dijadikan sebagai bumbu baluran pada potongan daging ikan.

Tidak sulit untuk memasak ikan tongkol goreng bumbu kuning. Berikut adalah resep memasak ikan tongkol goreng bumbu kuning yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 3 ekor ikan tongkol, potong-potong.
  • 1 buah jeruk nipis.

Bumbu Halus:

  • 1 sendok teh garam.
  • 1 ruas kunyit.
  • 1 sendok teh ketumbar.
  • 3 siung bawang putih.

Cara Memasak Ikan Tongkol Goreng Bumbu Kuning:

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak tongkol goreng bumbu kuning.
  2. Lumuri potongan ikan tongkol yang telah disiapkan sebelumnya dengan menggunakan perasan air jeruk nipis. Biarkan selama sekitar 5 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih.
  3. Lumuri ikan kembali dengan menggunakan bumbu halus. Biarkan selama sekitar 3 hingga 5 menit agar bumbu halus meresap ke dalam potongan daging ikan.
  4. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menggoreng. Goreng ikan tongkol ke dalam minyak hingga tenggelam. Usahakan jangan sering membolak-balik ikan dalam gorengan karena dapat menyebabkan ikan menjadi hancur.
  5. Sebaiknya balik ikan setelah terlihat cukup kecoklatan dan bagian luarnya terlihat kering.
  6. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.
  7. Ikan tongkol goreng bumbu kuning pun siap untuk dihidangkan.

Itulah resep untuk memasak ikan tongkol goreng bumbu kuning. Resep ini cukup praktis dan sederhana sehingga sangat mudah dipraktikkan di dapur kesayangan.

Sebagai tips tambahan, sajikan ikan tongkol goreng bumbu kuning bersama dengan nasi hangat. Tambahkan tumis atau cah kangkung jika Anda suka.

Laman: 1 2

You might also like
close