Membuat Nasi Liwet Ikan Teri di Rice Cooker

31

Lezzat.id – Nah, jika kamu sedang bingung akan membuat sajian apa untuk keluarga tercinta, coba yuk buat nasi liwet yang gurih. Nasi liwet ini bisa kamu kombinasikan dengan lauk lainnya sesuai selera atau kesukaan keluargamu, lho.

Nasi liwet sendiri merupakan hidangan asal Solo yang dikenal dengan kegurihan nasinya. Namun, masyarakat Sunda juga mengenal tradisi bersantap ini yang khas dengan aneka campuran rempah yang membuat sajian ini semakin sedap disantap.

Bagi masyarakat Jawa Barat sendiri proses makannya disebut ‘ngeliwet‘ atau ‘liwetan‘ yang unik dengan cara dihidangkan di atas selembar daun pisang beserta ragam lauk seperti ayam goreng, sambal, lalap, tahu dan tempe goreng.

Dalam membuat nasi liwet tidaklah sulit, kamu juga bisa memasaknya sendiri di rumah. Bahan yang digunakan pun mudah didapat di pasar-pasar tradisional. 

Bahan-bahan:

  • 3.5 canting beras.
  • Segengam teri jengki.
  • Santan kental+cair.
  • Secukupnya Cabe rawit gendot.
  • Bumbu halus: 5 siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 3 lembar daun salam.
  • 3 buah sereh ambil putihnya (karena kecil saya pakai 3).
  • Garam secukupnya.
  • Lada bubuk secukupnya.

Langkah pembuatannya:

  1. Cuci beras sampe bersih lalu tiriskan dan masukkan ke dalam bowlnya rice cooker.  
  2. Cuci bersih teri, kebetulan tadi teri yang saya pakai tidak asin banget jadi saya cuci bilas 2x lalu tiriskan. Goreng teri sampai garing, sisihkan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampe wangi, daun salamnya ikut saya tumis, lalu angkat. Taruh tumisannya itu di beras tadi.  
  4. Campur santan kental dan cair (saya beli jadi di pasar) lalu didihkan.
  5. Setelah mendidih takar santan sesuai takaran air yang biasanya dipakai untuk masak nasi di rice cooker, tadi saya pakai sekitar 5,5-6 gelas ukuran beras.  
  6. Setelah santan dicampur di beras, masukkan sereh dan cabe rawit yang sudah dicuci bersih, lalu masukkan teri yang sudah digoreng, kemudian tambahkan garam dan lada sesuai selera. Aduk rata dan ditest rasa.  
  7. Setelah itu jangan lupa dtekan tombol rice cooknya ya, kemudian kalau saya saat mulai matang saya aduk lalu saya biarkan sampai matang.
  8. Setelah tombol pindah ke warm aduk lagi dan pastikan nasi matang sempurna, setelah itu biarkan sebentar kemudian matikan rice cooker, selesai deh.
  9. Kalo mau mantap buat sambalnya atau lauk tambahan, karena saya ngga keburu jadi pakai sambal terasi yang udah jadi aja ?

Hasilnya:

Nasi Liwet Ikan Teri

Sumber: kumparan.com & cookpad.com

You might also like
close