Tech  

Menegenal secara Lengkap Web WordPress, Apa saja Guna dan Keuntunganya?

Menegenal secara Lengkap Web WordPress, Apa saja Guna dan Keuntunganya

WordPress mendukung bisnis di seluruh dunia. Ini adalah salah satu platform pembuatan situs web paling populer, dan memungkinkan Anda membuat situs web atau blog dari awal atau meningkatkan situs web yang ada. Ada banyak merek terkenal, selebriti dan perusahaan yang menggunakannya juga.

Artikel ini membahas apa itu WordPress dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda. Di akhir posting ini, Anda pasti sudah tahu jawaban atas pertanyaan, “Apa itu WordPress?”

Apa itu Situs WordPress?

Jika Anda pernah melakukan pencarian internet untuk “Apa itu WordPress?” Anda mungkin akan menemukan lebih dari 1 dari 4 situs web menggunakan platform situs web untuk mendukung situs web mereka sendiri (omong-omong, istilah ‘WordPress’ dicari hampir 3 juta kali sebulan!). Itu semua baik dan bagus, tetapi itu tidak benar-benar menjawab pertanyaan, “Apa itu WordPress?” Baik?

Sederhananya, WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang dibuat pada tahun 2003 oleh pakar WordPress Matt Mullenweg dan Mike Little. Duo ini mendesainnya sebagai alat untuk memudahkan orang yang tidak memiliki pengalaman pengkodean untuk membuat situs web atau blog dari awal.

Ini adalah sistem perangkat lunak sumber terbuka gratis yang dilisensikan di bawah GPLv2 (atau lebih baru), yang berarti setiap pengguna dapat menggunakan, memodifikasi, atau berkontribusi pada basis kodenya.

Selain itu, sistem perangkat lunak sumber terbuka WordPress memiliki enkripsi ujung ke ujung yang dapat digunakan di server web Anda sendiri atau oleh perusahaan hosting.

Fungsionalitas dan kemudahan penggunaannya telah menghasilkan komunitas besar pengguna WordPress dan pengembang WordPress yang telah membuat dan menggunakan tema, plugin, dan alat lainnya untuk dengan cepat dan mudah membangun apa pun dari toko online besar hingga blog sederhana.

10 Statistik WordPress yang Berguna

Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut untuk meyakinkan diri sendiri atau orang lain bahwa WordPress adalah sistem CMS terbaik untuk bisnis Anda, pastikan untuk memeriksa statistik WordPress berikut:

  1. Saat ini sistem manajemen konten paling populer di web.
  2. Orang-orang mengunjungi WordPress lebih banyak daripada raksasa media sosial Twitter, yang memiliki 156 juta pengunjung unik per bulan.
  3. Dengan pembuat tema WordPress seperti seedprod, bahkan pengguna yang tidak terlalu ahli secara teknis dapat dengan mudah membuat tema WordPress kustom dari awal.
  4. Lebih dari 400 juta orang mengunjungi situs WordPress setiap bulan.
  5. 661 situs WordPress dan hampir 300 toko WooCommerce baru muncul rata-rata setiap hari.
  6. Ada lebih dari 59.000 plugin gratis yang tersedia di direktori plugin WordPress.
  7. Lebih dari 187 negara memiliki setidaknya satu instalasi WordPress aktif.
  8. Situs web WordPress.org menerima lebih dari dua miliar tampilan halaman per bulan.
  9. Aplikasi WordPress telah diunduh lebih dari dua juta kali.
  10. Dari 1,3 miliar situs web di web, lebih dari 455 juta situs menggunakan WordPress untuk mendukung situs web mereka sendiri.

Untuk apa WordPress digunakan?

Pertanyaan yang mengikuti “Apa itu WordPress?” mungkin “Mengapa saya harus menggunakan situs web WordPress untuk bisnis saya, dan apakah WordPress bagus untuk situs web bisnis kecil?”

Pertama, ketika Anda menginstal WordPress dan mengatur semuanya, Anda akan menemukan bahwa itu dapat digunakan untuk mengembangkan apa pun dari situs bisnis kecil hingga etalase eCommerce dan blog. Faktanya, beberapa situs web paling populer di dunia didukung oleh WordPress, termasuk Samsung, Forbes, The Guardian, dan New York Times. Selain itu, situs bisnis kecil seperti milik kami juga menggunakan WordPress.

Kedua, WordPress memiliki banyak fitur serbaguna, dan mereka hadir dengan lebih banyak fitur unik setiap hari. Tetapi keserbagunaan bukanlah satu-satunya hal yang membuat WordPress begitu populer; ia juga memiliki sejumlah fitur yang menjadikannya platform yang ideal untuk bisnis.

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda lakukan dengan raja sistem manajemen konten:

  • Buat konten situs web seperti halaman dan posting khusus.
  • Mudah mengintegrasikannya dengan platform media sosial.
  • Bantu peringkat situs Anda lebih tinggi dalam hasil mesin pencari melalui kemampuan SEO.
  • Lacak lalu lintas dan kinerja situs web Anda dengan alat analitik.
  • Rancang situs web atau blog dari awal.
  • Tingkatkan situs web yang ada dengan menambahkan fungsionalitas WordPress.
  • Kembangkan situs keanggotaan, ruang obrolan, direktori, wiki, galeri, dan kursus online.
  • Mendukung semua jenis media, seperti audio, video, gambar, dan data terkait informasi.

Bagaimana Cara Kerja WordPress?

Sekarang setelah Anda tahu lebih banyak tentang apa itu WordPress, mari kita lihat cara kerjanya. Proses kerja perangkat lunak WordPress adalah prosedur komprehensif yang bekerja dengan menggabungkan beberapa file inti, database, file yang Anda tambahkan atau instal, dan dasbor untuk memungkinkan Anda mengelola semuanya.

Ada juga banyak komponen seperti tema, plugin, dan widget yang bekerja bersama untuk memberikan tampilan dan fungsionalitas yang Anda inginkan pada situs web Anda.

Inti WordPress

Menginstal file inti adalah prosedur pertama di WordPress yang akan Anda lakukan. Saat Anda menginstal WordPress (inti WordPress), Anda mendapatkan akses ke dua situs web: dasbor WordPress dan situs web Anda. Dasbor WordPress adalah tempat Anda mengelola situs web menambahkan posting dan halaman, mengubah pengaturan, menginstal plugin dan tema, dll.

Database

Tempat ini adalah tempat semua data dan file situs web Anda disimpan. Jika Anda menggunakan WordPress manual, Anda perlu menginstal database. Jika Anda menggunakan auto-installer, maka secara otomatis akan melakukan proses instalasi.

File ekstra

File ekstra dalam bentuk plugin, tema, dan unggahan untuk WordPress, dan mereka membantu membuat situs web atau blog Anda terlihat unik dengan memungkinkan Anda menyesuaikan aspek.

Dasbor WordPress atau layar admin

Untuk membuat situs web atau blog dengan WordPress, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu di server web. Anda dapat melakukannya sendiri dengan mengunduh perangkat lunak dan menginstalnya di server web Anda sendiri, atau Anda dapat meminta perusahaan hosting melakukannya untuk Anda. Setelah WordPress diinstal, Anda dapat masuk ke dasbor WordPress dan mulai membuat konten. Anda dapat menambahkan posting dan halaman, mengubah pengaturan, menginstal plugin dan tema, dll.

Penerbitan

Saat Anda siap untuk meluncurkan situs web atau blog Anda, Anda hanya perlu mempublikasikannya dengan mengklik tombol “Terbitkan” di dasbor WordPress. Setelah itu, situs web Anda akan aktif dan dapat diakses oleh dunia. Anda juga dapat menggunakan dasbor WordPress untuk melacak lalu lintas dan kinerja situs web Anda dan melihat bagaimana pengunjung Anda mengakses konten Anda.

Kustomisasi, tema, dan plugin

Tema mengontrol tampilan situs Anda; plugin menambahkan fitur dan widget menyatukan semua bagian. Saat Anda menginstal WordPress, ia hadir dengan serangkaian tema dan plugin inti yang menyediakan struktur dasar untuk situs web Anda. Anda kemudian dapat menginstal tema dan plugin tambahan dari direktori plugin WordPress.org atau sumber lain untuk menambahkan fitur seperti blog, formulir kontak, integrasi media sosial, dan banyak lagi.

Anda juga dapat menyesuaikan tampilan situs Anda dengan mengedit kode CSS untuk tema Anda atau menggunakan tema anak untuk membuat perubahan tanpa memengaruhi kode aslinya. Dan jika Anda memerlukan bantuan dengan semua ini, ada banyak tutorial WordPress dan forum dukungan untuk membantu Anda.

WordPress.org Vs. WordPress.com

Ada dua versi WordPress: WordPress.org dan WordPress.com. WordPress.org adalah versi WordPress yang dihosting sendiri yang Anda instal di server web Anda sendiri, sedangkan WordPress.com adalah versi yang dihosting di mana semua hosting dan pemeliharaan diurus untuk Anda.

Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan WordPress untuk Bisnis Anda

WordPress.com memungkinkan Anda untuk mengatur blog Anda secara gratis, tetapi memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, Anda hanya dapat membuat situs di bawah subdomain, dan Anda tidak dapat menghapus iklan. Berikut adalah beberapa cara lain untuk menumpuk satu sama lain.

Kemudahan penggunaan

WordPress.org sedikit lebih sulit digunakan daripada WordPress.com, karena Anda perlu menginstalnya di server web Anda sendiri dan mengelola semua aspek situs web Anda sendiri. Dengan WordPress.com, semuanya diurus untuk Anda, dan memulainya cukup mudah.

Tema WordPress

Tema WordPress membuat situs web Anda terlihat cemerlang, dan WordPress.org memiliki dukungan tema WordPress lengkap di mana Anda dapat menggunakan tema komersial khusus dan semua tema gratis lainnya. Versi .org WordPress juga memungkinkan Anda menggunakan tema WordPress premium untuk menyesuaikan, memodifikasi, atau melakukan hampir semua hal yang Anda suka dengan situs web Anda. WordPress.com tidak mengizinkan Anda menyesuaikan tema dan hanya memiliki dukungan tema terbatas di mana Anda terbatas pada tema WordPress yang ada di repositori mereka.

Plugin WordPress

Anda mungkin membutuhkan plugin WordPress, dan repositori plugin WordPress.org sangat besar dan memiliki plugin untuk apa saja yang dapat Anda bayangkan. Selain itu, Anda dapat menemukan semua jenis plugin WordPress dari media sosial hingga plugin keamanan. Sayangnya, library plugin WordPress.com hanya memiliki sekitar 100 plugin WordPress gratis, yang mungkin tidak cukup untuk kebutuhan Anda.

Nama domain

Nama domain Anda, atau URL situs web Anda, adalah yang membawa pengunjung ke situs web Anda. Dengan WordPress.org, Anda memiliki kontrol penuh atas nama domain Anda dan dapat menggunakan domain apa pun yang Anda inginkan. WordPress.com membatasi Anda ke subdomain .wordpress.com kecuali Anda meningkatkan ke paket berbayar yang memberi Anda nama domain khusus.

Akun hosting web

Biaya hosting untuk situs web WordPress Anda sudah termasuk dalam harga saat Anda menginstal WordPress.org di server web Anda. Namun, WordPress.org mengenakan biaya bulanan untuk hosting web, yang dimulai dari perkiraan $46-$100/tahun. WordPress.com gratis untuk ruang penyimpanan hingga 3GB, tetapi Anda harus berurusan dengan iklan mereka yang tersebar di halaman Anda. Itu mungkin bukan masalah besar untuk blog pribadi, tetapi mungkin menjadi pemecah kesepakatan untuk bisnis kecil yang mencoba membangun mereknya.

Perdagangan elektronik

Dengan WordPress.org, Anda dapat menginstal plugin eCommerce apa pun yang Anda inginkan dan membuat situs eCommerce, memberi Anda toko online lengkap. Di sisi lain, dengan WordPress.com, Anda terbatas pada platform eCommerce Shopify dasar yang memiliki beberapa batasan pada apa yang dapat Anda jual.

Monetisasi

Anda dapat memonetisasi situs web Anda dengan WordPress.org dengan menambahkan iklan, menjual produk, atau menerima donasi. Sementara itu, Anda tidak dapat memonetisasi situs Anda di WordPress.com tanpa meningkatkan ke paket berbayar yang memberi Anda lebih banyak fitur.

Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

Fitur ini penting karena membantu situs bisnis Anda mencapai peringkat teratas Google dalam hasil pencarian. WordPress.org hadir dengan semua fitur SEO yang Anda butuhkan untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari. Dengan WordPress.com gratis, Anda tidak memiliki banyak kendali atas SEO situs web Anda karena Anda tidak dapat menginstal plugin yang diperlukan. Pengguna paket bisnis dapat menginstal plugin SEO pihak ketiga dengan biaya sekitar $300/tahun.

Bantuan dan dukungan dari komunitas WordPress

WordPress.org memiliki komunitas dukungan dengan jutaan pengguna yang dengan senang hati membantu Anda mengatasi masalah apa pun yang mungkin Anda miliki. Anda juga bisa mendapatkan bantuan WordPress melalui fitur bantuan dan dukungan. Tim Bantuan WordPress telah membantu banyak pengusaha membangun situs web bisnis mereka dan melakukan tugas lainnya. Meskipun demikian, WordPress versi .com memiliki dukungan yang jauh lebih sedikit dan tidak seaktif di forum dukungan.

Perangkat lunak gratis

WordPress.com gratis dan memiliki banyak fitur yang tersedia jika Anda mencari cara mudah untuk memulai. Jika Anda ingin menggunakan WordPress untuk bisnis kecil Anda, versi .org mungkin merupakan pilihan terbaik dan akan dikenakan biaya mulai dari $46 hingga $100/tahun. Tentu saja, ini tidak gratis, tetapi Anda mendapatkan lebih banyak fitur dan kontrol dari situs WordPress Anda.

Integrasi Google Analytics

Google Analytics membantu Anda meningkatkan lalu lintas situs web Anda dan juga membantu mengubah pengunjung menjadi prospek. WordPress.org menawarkan built-in pelacakan Google Analytics yang kuat sehingga Anda dapat melihat bagaimana kinerja situs web Anda dan dari mana pengunjung Anda berasal. Sebaliknya, WordPress.com tidak menawarkan fitur ini.

Keamanan situs web

Ada berbagai jenis keamanan situs web di WordPress, seperti pintu belakang, peretasan farmasi, pengalihan berbahaya, penolakan layanan, dan banyak lagi. WordPress.org memberi Anda kemampuan untuk menginstal plugin keamanan yang baik dan memperkuat keamanan situs WordPress Anda hanya dengan beberapa klik. WordPress.com tidak memberi Anda fitur ini.

Kustomisasi situs WordPress

WordPress.org memungkinkan Anda melakukan banyak penyesuaian dengan situs web Anda—mulai dari mengubah CSS hingga membuat tema anak. WordPress.com tidak menawarkan jenis penyesuaian apa pun selain dari perubahan tema dasar.

Fitur Ramah Seluler

Baik WordPress.org dan WordPress.com ramah seluler, artinya keduanya dapat digunakan di PC, tablet, atau ponsel. Namun, WordPress.org memiliki lebih banyak fitur yang memudahkan situs web Anda terlihat bagus di perangkat seluler dan ukuran layar.

Kecepatan

WordPress.org lebih cepat daripada WordPress.com karena Anda mengendalikan semua aspek situs web Anda dan dapat mengoptimalkannya untuk kecepatan.

Jadi… versi WordPress mana yang harus Anda pilih? Jika Anda ingin lebih mengontrol situs WordPress Anda dan tidak keberatan mengelola aspek teknis sendiri, maka WordPress.org adalah pilihan yang lebih baik. Jika Anda mencari cara mudah untuk memulai blog atau tidak membutuhkan semua fitur yang ditawarkan WordPress.org, maka WordPress.com adalah pilihan yang baik. Juga penting, jika Anda mencari situs WordPress kelas bisnis, mungkin lebih baik menggunakan WordPress.org daripada WordPress.com.

Cara Mulai Menggunakan WordPress

Menginstal WordPress untuk blog Anda atau bisnis apa pun adalah tugas yang mudah. Dibandingkan dengan pembuat situs web lain, pemasangan WordPress ramah pengguna dan dapat dilakukan lebih cepat.

Berikut ini menggambarkan langkah-langkah untuk menginstal WordPress:

  • Unduh dan buka perangkat lunak WordPress
  • Buat database WordPress di aplikasi web Anda dan pengguna MySQL dengan akses penuh dan kemampuan modifikasi.
  • Cari dan ubah wp-config-sample.php menjadi wp-config.php, lalu ubah dokumen untuk memasukkan informasi database Anda.
  • Unggah file WordPress ke lokasi pilihan server web Anda
  • Akses URL di browser web untuk menjalankan skrip instalasi WordPress. Ini seharusnya menjadi lokasi di mana file WordPress diterbitkan. Jika Anda menggunakan WordPress.com, Anda dapat menginstal hampir semua plugin WordPress dan meluncurkan domain khusus untuk situs bisnis Anda.
  • Pada langkah ini, Anda dapat menggunakan WordPress. Di sini, Anda mulai menghosting situs Anda, dan jika Anda adalah editor WordPress, Anda dapat mulai menerbitkan hal-hal seperti posting WordPress dan halaman WordPress.
  • WordPress saat ini hadir dengan tiga tema. Tema default saat ini bernama Twenty Twenty-One, dan itulah tema pertama yang Anda lihat setelah masuk ke platform situs web Anda. Anda dapat mengubahnya ke tema lain dengan membuka Appearance > Themes atau mengunduh yang baru dari Direktori Tema WordPress.org

Tips WordPress

Kiat dan ide berikut dapat membantu Anda membuat situs web WordPress:

  • Selalu pastikan untuk mengurangi ukuran gambar Anda untuk mempercepat situs web Anda.
  • Jangan lupa untuk memasukkan tag judul dan teks ALT.
  • Akan ada beberapa posting yang Anda tidak ingin iklan muncul di antara mereka. Oleh karena itu, Anda harus menyembunyikan iklan untuk setiap postingan.
  • Selalu edit tautan permanen Anda.
  • Tambahkan widget footer ke situs blog atau situs bisnis Anda.
  • Jangan lupa untuk menggunakan plugin SEO.

Apakah WordPress Bagus untuk Pemula?

Ya, sangat mudah digunakan untuk pembuat situs web yang hebat. Dan meskipun ada sedikit pekerjaan untuk menginstal dan menerbitkan situs WordPress Anda, ini sesederhana menggunakan Microsoft Word setelah Anda menyelesaikan semuanya. Singkatnya, apakah Anda seorang pemula atau ahli, itu ramah pengguna sejak awal untuk menggunakan WordPress.

Apa saja Kekurangan WordPress?

Salah satu kelemahan utama WordPress adalah lebih banyak plugin diperlukan untuk fitur tambahan. Selain itu, situs web WordPress dapat turun tanpa alasan yang jelas dan dengan cara yang sulit untuk dipecahkan. Jika Anda tidak mengelola situs web Anda dengan benar, itu juga bisa cenderung lambat dan penuh dengan spam.

Terakhir, basis kode tidak seintuitif mungkin, sehingga beberapa pengembang merasa sulit untuk bekerja dengan WordPress dibandingkan dengan kerangka kerja lain. Dan jika masalah ini adalah pemecah kesepakatan, Anda dapat melihat alternatif WordPress terbaik untuk menjalankan situs Anda.

Jenis Situs Web Apa yang Cocok untuk WordPress?

Berikut ini adalah jenis-jenis website yang baik untuk digunakan WordPress:

  • Sebuah blog
  • Situs web e-niaga
  • Situs web bisnis
  • Situs web portofolio
  • Komunitas online
  • Situs web multibahasa

Pertanyaan yang sering diajukan:

Apakah WordPress adalah server web?

Ya, dan ini adalah server web yang menangani sebagian besar situs dengan lalu lintas tinggi dan menjalankan pertunjukan. Itulah mengapa ini adalah server web pilihan bagi banyak penyedia hosting kelas atas dan perusahaan WordPress terkemuka.

Bisakah saya menginstal WordPress di komputer pribadi saya?

Ya, Anda dapat menginstal WordPress di PC.

Dalam bahasa apa WordPress ditulis?

WordPress adalah perangkat lunak sistem manajemen konten (CMS) sumber terbuka yang ditulis dalam bahasa PHP yang terkait dengan database MySQL atau MariaDB.

Apakah situs multibahasa diperbolehkan di WordPress?

Ya, situs multibahasa diperbolehkan di WordPress. Misalnya, alat blogging yang populer adalah multibahasa, artinya dapat digunakan dalam berbagai bahasa. Ini juga tersedia dalam 196 bahasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.