Puding Roti Tawar: Resep Istimewa

111

LEZZAT.ID – Salah satu kudapan yang cocok dinikmati di kala cuaca terik adalah puding. Teksturnya yang lembut serta creamy, membuatnya cocok sebagai hidangan penutup untuk mengakhiri santapan lezat.

Asal mula kata puding berasal dari bahasa Prancis, yaitu boudin yang berarti ‘sosis darah’, dari bahasa Latin, botellus yang berarti ‘sosis kecil’. Istilah pudding digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus.

Tidak semua jenis puding rasanya manis, misalnya: suet pudding (puding lemak) yaitu jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu dengan campuran lemak domba atau lemak sapi.

Puding juga termasuk kudapan yang sangat mudah dibuat, boleh jadi setiap orang sangat mungkin bisa membuatnya. Olehnya itu tidak mengherankan bermunculan jenis puding dengan varian dan rasa yang beraneka ragam.

Nah, kali ini Lezzat.id menampilkan resep Puding Roti Tawar hasil kreasi dari Bunda Restu pemilik akun instagram @restuutamidewi.

Bahan-bahan:

  • 1200 gram susu UHT (resep ini pakai anchor).
  • 600 gram whipped cream dairy (resep ini pakai anchor).
  • 600 gram santan instan (resep ini pakai kara).
  • 200 gram roti tawar kupas kurleb 10 lembar
  • 250 gram gula pasir.
  • 300 gram coklat putih potong2 (resep ini pakai tulip).
  • 4 bungkus agar2 bening (resep ini pakai Swallow Globe).
  • Pewarna kue (resep ini pakai pewarna merk Ny. Liem).

Cara Buat:

  1. Blender roti tawar dengan sebagian susu UHT sampai halus, lalu masukkan ke dalam panci.
  2. Masukkin semua bahan-bahan lainnya ke dalam panci, masak dengan api sedang sampai matang sambil terus diaduk-aduk dengan balon whisk.
  3. Bagi adonan sesuai dengan warna yg diinginkan. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  4. Siapkan loyang yang udah dibasahi air matang sebelumnya. Tuang ½ bagian adonan masing-masing warna tanpa jeda, jadi langsung timpa di warna sebelumnya sampai adonan habis.
  5. Tunggu puding dingin lalu masukkan ke dalam kulkas sampai pudingnya mengeras.

Laman: 1 2

You might also like
close