Resep Chocolate Dorayaki

106

Chocolate dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang, kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekul yang direkatkan dengan selai kacang merah.

Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imigawayaki, tetapi berbeda bentuk dan cara memanggang.Di Indonesia, kue ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon di televisi. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dorayaki di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera lokal, antara lain dorayaki berisi coklat atau keju.

Bahan-Bahan:

  • 2 telur.
  • 75gram gula palm.
  • 1 sdm madu.
  • 50ml susu kental manis.
  • 1/2 sdt baking soda.
  • 110gram terigu protein rendah.1,5 sdm coklat bubuk.
  • 3sdt air putih.

Cara membuatnya:

1 Siapkan wadah, masukkan telur, gula, dan madu, whisk hingga rata. Kemudian larutkan baking soda dengan susu lalu tuang ke campuran telur, aduk rata.

2 Ayak bertahap terigu dan coklat bubuk ke adonan (3 tahap), whisk rata (jangan over mix), lalu wrap atau tutup serbet, diamkan 30 menit. Setelah 30 menit, adonan menjadi lebih kental, tambahkan 3 sendok teh air, dan aduk.

3 Panaskan pan anti lengket, api sedang cenderung kecil. Tuang 1 sendok sayur adonan saat pan sudah panas. Balik saat gelembung sudah banyak, setelah dibalik masak sebentar, lalu angkat.

4 Ambil 1 lembar, beri isian sesuai selera (me: selai coklat homemade), lalu ambil 1 lembar lagi, tangkupkan.

Catatan: Jadi 8 lembar (4 dorayaki) kurang lebih. Tergantung ukuran sendok sayur,gula palm mau diganti gula pasir boleh madu jangan diskip ya, harus pake.

Laman: 1 2

You might also like
close