Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi

151

Bayi merupakan anugerah tuhan yang di titipkan kepada orang tua, dalam rumah tangga bayi adalah salah satu keutuhan bagi kedua orang tua, bayi juga adalah salah satu semangat bagi orang tua dalam mencari nafkah.

Bayi akan terus bertambah usia nya dan semakin berkembang, ketika masa pertumbuhannya maka bay memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang baik dan tepat untuk membantu pertumbuh kembang si bayi.

Banyak orang tua yang masih bingung untuk memberikan makanan yang bergizi dan memberikan asupan untuk sang buah hatinya, karena setiap umur bayi berbeda pula asupan makanan yang harus diberikan kepada sang buah hati.

Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa daftar makanan yang bargizi untuk anak yang masih berumur 6 bulan, resep yang akan di bahas kali ini adalah resep makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak, resep makanan bayi 6 bulan penambahan berat badan, dan yang terakhir membuat bubur kentang untuk bayi 6 bulan, dan masih banyak lagi baca ulasanya dibawah ini, tambhan artikel resep makanan untuk diet

Berikut dibawah ini daftar resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi :

Resep makanan bubur wortel jagung manis susu

Bahan – bahan :

30 gram wortel kukus
30 gram jagung kukus “di pipil/biji”
30 ml air matang
50 ml air susu formula

Cara mambuatnya :

  • Masukkan wortek dan jagung kukus kedalam ember
  • Kemudian hancurkan dengan blender dan beri air sedikit sebagai pencair
  • Setelah di blender lalu di saring dengan menggunakan saringan
  • Kemudian campur air susu formula
  • Dan bubur siap di sajikan

Resep bubur bayi beras merah ati ayam

Bahan – bahan :
3 sendok makan nasi merah matang
2 potong ati ayam rebus
3 sendok makan air matang

Cara membuatnya :

Masukkan bahan – bahan kedalam belender agar halus
Setelah halus,tuang kedalam mangkuk yang telah di siapkan
Bubur siap dihidangkan

Resep makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak

Bunda mana sih yang gak seneng kalo liat sibuah hatinya bisa bertumbuh kembang, lincah dan ditambah cerdas pasti semua para bunda mengidamkan itu dong, tapi para bunda sadar gak sih kalo semua itu berasal dari asupan makanan yang bergizi, bunda bunda semua jangan khawatir saya akan memberikan daftar makanan yang bergizi, berikut daftar makanan nya :

Yogurt

Makanan olahan susu ini sangat sehat lo bun buat si bayi, yogurt ini sangat kaya akan protein yang cocok untuk membantu menumbuh kembangkan kecerdasan si bayi, makanan ini juga memiliki lemak yang sehat, hingga kalsium yang baik sehingga dapat membantu mengembangkan sel – sel otak serta kesehatan tulangnya.

Keju

Keju memiliki manfaat untuk mengembangkan serabut – serabut sel saraf dan otak yang di dapat dari asam lemak linoleat. Selain itu keju juga sangat baik untuk membantu menambah berat badan bayi karena kaya akan protein, vitamin, kalsium, selenium, dan fosfor. Keju ini bisa di sajikan sebagai cemilan si bayi dengan cara di potong kecil – kecil.

Sereal gandum

Sereal gandum bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, sereal gandum ini juga kaya akan karbi hidrat yang sehat untuk bayi, sereal ganum ini juga banyak protein, mineralm dan kaya serat yang banyak manfaat untuk petumbuhan bayi.

Telur

Telur ini sangat baik untuk kesehatan bayi, selain murah dan simpel telur ini mengandung vitamin yang kaya protein, vitamin, mineral, kolin, dan DHA yang sangat penting dalam membantu perkembangan otak dan telur ini dengan banyak mengandung vitamin bisa membantu meikan berat badan si bayi.

Sayuran Hijau

Sayur – sayuran ini adalah makanan pokok yang harus di perkenalkan kepada si bayi dari sejak dini, karena sayur – sayuran hijau ini sangat bagus untuk pertumbuhan otak si kecil karena sayuran hijau ini mengandung lutein dan vitamin K yang cocok untuk otak si kecil.

Pisang

Buah lainnya yang sangat baik di masa MPASI bayi adalah pisang. Buah berwarna kuning ini memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk dikonsumsi bayi di awal masa makannya. Tak hanya itu saja, pisang juga baik jika ingin menambah berat badan bayi karena mengandung lebih dari 100 kalori. Kemudian ada kandungan lain berupa karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat makanan.

Kentang

Pilihan makanan bayi 6 bulan yang terakhir adalah kentang sebagai sumber karbohidrat yang sehat dan ampuh dalam meningkatkan berat badan. Teksturnya yang lembut diimbangi dengan kandungan vitamin C, vitamin B6, fosfor, dan mangan, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi.

Resep makanan bayi 6 bulan penambahan berat badan

Bubur daging

Secara khusus, bayi berumur 6 bulan dapat memperoleh makanan pendamping asi dengan konsistensi yang pas. Untuk memperoleh jenis makanan tersebut adalah dengan menggunakan bubur. Bubur daging memiliki kandungan protein dan zat besi tinggi untuk dapat membantu meningkatkan berat badan bayi.

Bahan Bahan Bubur daging diantaranya :

  • Beras
  • Daging sapi cincang
  • Seledri,
  • Wortel,
  • Dan air matang.

Cara pembuatan :

Cukup sederhana yakni dengan membuat bubur langsung dengan beras hingga jadi yang dapat dilakukan secara manual maupun dengan rice cooker dan kemudian menambahkan beberapa bagian utama dalam resep ini hingga tercampur rata dan buburnya terbentuk dengan baik. Cincangan daging sapi harus benar benar halus dikarenakan usia bayi 6 bulan masih benar benar memerlukan konsistensi bubur yang halus.

Bubur susu

Varian jenis bubur lainnya yang dapat digunakan untuk membantu penambahan berat badan yakni bubur susu. Dari namanya sudah identik bahwa bubur susu tentu terbuat dari bahan utama susu.

Bahan bahan bubur susu diantaranya :

  • Tepung beras halus
  • Susu formula

Cara pembuatannya :

Pembuatannya cukup dengan melarutkan tepung beras halus dalam susu formula dan mengaduk serta memasaknya hingga terbentuk tekstur bubur yang kuat. Bubur dapat segera disajikan untuk bayi dengan konsistensi yang perlu diperhatikan. Jika membutuhkan konsistensi lebih tinggi maka dapat langsung blender dengan mesin blender.

Bubur saring ikan bayam

Jenis bubur selanjunya yang memiliki kandungan lengkap adalah bubur saring ikan bayam. Bubur saring sering kali menjadi bahan pilihan utama untuk membantu meninkatkan berat badan pada bayi.

Bahan bahan bubur saring ikan bayam :

  • Beras yang sudah dicuci bersih
  • Fillet ikan yang dipotong dadu
  • Tahu yang dipotong dadu kecil
  • Tomat yang dipotong dadu kecil
  • Daun bayam merah yang dicuci dengan baik
  • Satu sendok teh margarin dan 625 ml air mineral

Cara pembuatannya :

campurkan beras dengan air dan ikan dan panaskan diatas wajan. Lalu tambahkan tomat, bayam dan bahan pelengkap lainya dan masak hingga kesemuanya matang dengan baik. Jika sudah terkonsep dengan baik maka perlu koordinasi yang kuat untuk dapat mewujudkan jalannya program tersebut. Setelah matan, bubur dapat diblender hingga halus dari sebalumnya.

Bubur asi

Reseo bubur bayi 6 bulan penambah berat badan yang terakhir adalah bubur asi. Bubur asi tersebut dibuat dengan bahan berat putih maupun merah yang dicampurkan dengan beberapa bagian asi ketika sudah menjadi bubur. Penggunaan bubur ini dapat dilakukan sebagai salah satu sarana memperkenalkan makanan pada bayi namun tetap dibantu dengan penambahan asi.

Membuat bubur kentang untuk bayi 6 bulan

Resep bubur bayi 6 bulan penambah berat badan selanjutnya adalah bubur kentang. Bubur kentang dapat diolah dengan sederhana menggunakan sedikit jenis bahan dasar.

Bahan bahan bubur kentang diantaranya :

  • kentang yang sudah dibersihkan dan dipotong dadu kecil.
  • Ikan kakap dipotong dadu yang dapat diganti dengan jenis ikan lain
  • Brokoli yang cincang halus
  • Tulang ayam
  • Wortel
  • Daun seledri
  • Bawang bombay
  • Air dan daun salam

Cara pembuatannya :

Bubur kentang ini diperoleh dengan cara membuat kaldu ayam terlebih dahulu menggunakan tulang ayam dan sayur sayuran hingga konsistensinya sesuai. Lalu masukan bahan lain dan bahan utama seperti kentang. Setelah semua tercampur dan matang rata maka untuk mendapatkan konsistensi yang sesuai dengan usia bayi, campuran tersebut dapat diblender hingga halus.

Diatas adalah resep makanan untuk bayi umur bulan yang bergizi dan bagus untuk pertumbuhan si bayi, semoga artikel ini dapat membantu bunda – bunda untuk mencari daftar resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi. Dan semoga bermanfaat untuk semuanya, sekian.

You might also like
close