Resep Membuat Ayam Bacem Sederhana

42

Lezzat.id – Selain terkenal dengan keindahan dan keunikan budayanya, Yogyakarta atau lebih dikenal juga dengan sebutan kota Jogja juga terkenal sebagai gudang kuliner yan enak enak.

Pasti teman teman sudah tahu dan mendengar kelezatan gudeg jogja dengan tahu bacem dan tempe bacemnya yang rasanya sangat legit dan manis tersebut. Kali ini kita akan membuat masakan ayam yang di juga kombinasikan dengan Resep Bacem Jogya yang terkenal tersebut, yaitu Resep Masakan Ayam Goreng Bacem.

Buat teman teman yang pernah tinggal di Jogja pasti sudah pernah merasakan kelezatan Ayam Bacem yang digoreng dengan bumbu ketumbar dan gula merah ini. Nah untuk mengobati kerinduan tersebut, yuk kita melihat cara membuat ayam goreng dengan bumbu bacem ayam di bawah ini.

Ceritanya tinggal ada beberapa potong ayam di kulkas, bumbu juga tipiiis, digoreng ungkep udah bosennn, jadi deh bacem simpel ini bumbu seadanyaa ga pake ribet soalnya, tapi mantuul loh rasanya cobain lah bikin terus makan pake nasi sama sambel terasi. Hmm yummm. ???

Bahan-bahan:

  • 4 potong ayam.
  • 3 lembar daun salam.
  • Kecap manis secukupnya.

Bahan bumbu halus:

  • 7 buah bawang merah.
  • 4 buah bawang putih.
  • Seruas kunyit.
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 buah gula merah.

Langkah pembuatannya:

  1. Cuci bersih ayam dan bumbu halus.
  2. Ulek bumbu, boleh diblender juga yaa. Saya lagi niat jadi saya ulek ?
  3. Tata daun salam di dasar panci kemudian ayam dan disusul bumbu halus, kasih air secukupnya, saya kasih air sampai ayam terendam aja, tambahin kecap secukupnya.
  4. Rebus sampai air susut dan meresap, pakai api sedang, saya tunggu sekitar 30-45 menit jadi ayam nya lembut ya.
  5. Dah jadi deeh tinggal goreng bentar sampe kemerahan, saya suka ada gosong-gosong nya dikit sengaja hehe.
  6. Kalo mau kemerahan aja jangan ditinggal waktu goreng ya gaees, bentar aja udah merah si ayamm ?
  7. Cocol sambel terasi makan pake nasi ntapp! Yuk cobain juga ?

Hasilnya:

Ayam Bacem

Sumber: resepcaramemasak.info & cookpad.com

You might also like
close