Tech  

Yang Perlu Diketahui Tentang ‘Pusat Privasi’ Baru Facebook

Yang Perlu Diketahui Tentang 'Pusat Privasi' Baru Facebook

Facebook telah memperkenalkan Pusat Privasi baru yang memberi pengguna lebih banyak kontrol atas cara platform mengumpulkan dan menggunakan data mereka. Mantan senama Meta telah lama menjadi subyek keluhan dan kekhawatiran tentang privasi dan kebijakan datanya.

Sekarang, pengguna memiliki sedikit lebih banyak suara tentang data apa yang dapat diakses Facebook.

Mengapa Facebook menawarkan fitur privasi baru

Facebook mengumpulkan banyak data Anda, bahkan saat Anda tidak menggunakan Facebook. Ratusan situs, aplikasi, dan layanan telah mengumpulkan informasi Anda saat Anda menggunakannya, dan banyak dari situs ini bermitra dengan Facebook, mengirimkan jenis informasi tertentu ke platform jika akun Anda terhubung ke profil Facebook Anda. Facebook menggunakan info ini untuk beberapa tujuan berbeda, termasuk periklanan dan riset platform.

Dalam banyak kasus, pengiklan menggunakan data yang dikumpulkan oleh Facebook untuk mempersonalisasi iklan baik di platform maupun di seluruh web, menyesuaikan konten iklan dengan preferensi dan riwayat penelusuran Anda.

Pusat Privasi baru, yang mencakup pengaturan pada sumber data non-Facebook, dirancang untuk memberi pengguna lebih banyak informasi tentang keamanan akun mereka dan bagaimana informasi mereka digunakan, baik oleh Facebook maupun oleh mitra periklanannya.

Di seluruh dunia, keamanan bisnis, moderasi, dan kebijakan privasi data semakin diawasi. Di Jerman, misalnya, anggota parlemen telah mempertimbangkan untuk mendenda perusahaan karena gagal menghapus konten ilegal dan membantu merancang Persyaratan Perlindungan Data Umum (GDPR) UE dan Undang-Undang Privasi Jerman yang baru (BDSG-baru), sebuah undang-undang yang memperketat pembatasan tentang bagaimana bisnis dapat menangkap dan menggunakan data konsumen.

Facebook, seperti banyak platform media sosial lainnya, bekerja untuk mematuhi peraturan ini dan mengambil langkah proaktif untuk mencegah data pengguna digunakan secara tidak semestinya. Alat seperti ini mungkin menjadi lebih umum di seluruh web karena pengguna menuntut kontrol lebih besar atas data mereka dan bisnis bekerja untuk tetap mematuhi peraturan baru.

Cara menggunakan Pusat Privasi Facebook

Facebook saat ini sedang dalam proses meluncurkan Pusat Privasi ke situs desktopnya; jika Anda memiliki fitur tersebut, Anda akan menemukannya melalui menu Pengaturan & Privasi. Dari menu ini, Anda dapat memilih salah satu dari lima modul Pusat Privasi untuk melihat semua alat dan sumber daya yang tersedia. Modul ini meliputi:

  • Keamanan: bagian utama tempat Anda dapat mengonfigurasi sebagian besar opsi keamanan yang tersedia. Modul ini mencakup pengaturan otentikasi dua faktor (2FA).
  • Berbagi: bagian di mana Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat konten Anda dan membatasi akses ke orang-orang tertentu.
  • Koleksi: bagian di mana Anda dapat mengelola pengumpulan data di dalam dan di luar situs.
  • Gunakan: bagian yang menyertakan informasi tentang bagaimana dan mengapa perusahaan induk Facebook, Meta, menggunakan data yang dikumpulkan. Anda dapat mengontrol dan membatasi penggunaan data Meta di sini.
  • Iklan: bagian yang memuat informasi tentang pengumpulan data yang relevan dengan periklanan. Dalam modul ini, Anda dapat mengelola personalisasi iklan dan mengontrol data yang diberikan Facebook kepada mitra iklan pihak ketiganya.

Setiap bagian ini memberikan informasi berharga tentang bagaimana Facebook mengumpulkan dan menggunakan data Anda, ditambah opsi yang relevan untuk mengontrol, membatasi, atau mengubah izin yang Anda berikan kepada Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.